Lowongan Kerja Bakti Kominfo Mei 2023

Lowongan Kerja Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti Kominfo) Hingga 18 Posisi Mei 2023

Lowongan Kerja Bakti Kominfo Mei 2023

Bakti Kominfo bertugas sebagai penyedia infrastruktur & ekosistem TIK bagi masyarakat yang didanai dari kontribusi KPU/USO Penyelenggara Telekomunikasi.

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) lahir pada tahun 2006. Semula organisasi ini bernama Balai Telekomunikasi dan Informatika Pedesaan (BTIP) sesuai nomenklatur yang ditetapkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor: 35/PER/M.Kominfo/11/2006.

BTIP menerapkan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor: 1006/KMK.05/2006 tentang Penetapan Balai Telekomunikasi dan Informatika Perdesaan pada Departemen Komunikasi dan Informatika sebagai Instansi Pemerintah yang menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum pada 21 Mei 2006.

Seiring dengan pesatnya perkembangan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan tuntutan akan ketersediaan layanan TIK di seluruh lapisan masyarakat, maka BTIP bertransformasi menjadi Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) pada tanggal 19 Mei 2010. Transformasi ini berdasarkan Peraturan menteri Komunikasi dan Informatika Nomor: 18/PER/M/KOMINFO/11/2010.

Badan Layanan Umum BP3TI awalnya merupakan unit eselon yang akhirnya berubah menjadi unit pelaksana teknis non eselon dengan tujuan meningkatkan fleksibilitas, efektivitas, dan produktivitas pelaksanaan tugas dan fungsinya yang menerapkan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum (BLU) di Kementerian Kominfo pada tahun 2017.

Transformasi organisasi dan tata kerja ini dilakukan untuk meningkatkan akuntabilitas dan efektivitas pengelolaan program Kewajiban Pelayanan Universal Telekomunikasi dan Inoformatika, yang memang sejak tahun 2015 telah mengalami redisain. Transformasi BP3TI didasari pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika.

Perubahan yang dilakukan adalah perubahan struktur organisasi, yang semula strukturnya didasari pada proses (process-based), menjadi didasarkan pada output layanan (output-based), yaitu infrastruktur dan ekosistem. Namun tetap menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum.

Sejak Mei 2017, Menteri Komunikasi dan Informatika mencanangkan nama baru bagi BP3TI menjadi BAKTI. Perubahan nama menjadi BAKTI untuk mempermudah publikasi dan branding instansi. BAKTI sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti yang positif, yaitu 1) tunduk dan hormat, perbuatan yang menyatakan setia; 2) memperhambakan diri; setia. Hal ini sejalan dengan tugas dan fungsi BP3TI untuk memeratakan akses telekomunikasi dan informatika di seluruh Indonesia, dan melayani masyarakat.

Pada tahun 2023, perubahan nomenklatur, struktur organisasi dan tata kerja BP3TI menjadi BAKTI ditetapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika melalui Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2023 tertanggal 23 Mei 2023 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi. Dengan adanya Peraturan Menteri tersebut, maka secara resmi nama BAKTI digunakan sebagai pengganti dari BP3TI.

BAKTI merupakan unit organisasi noneselon di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang menerapkan pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum. BAKTI berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri dan BAKTI dipimpin oleh Direktur Utama.

BAKTI mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan pembiayaan Kewajiban Pelayanan Universal dan penyediaan infrastruktur dan layanan telekomunikasi dan informatika.

Tips Supaya Sukses Ketika Wawancara Kerja

Perhatikan Mengenai Tata Krama dan Bahasa Tubuh – Segala bentuk bahasa tubuh dan sopan santun akan menjadi penentu akhir. Buatlah kesan yang sangat baik sehingga mereka yang mewawancarai Anda akan merasa nyaman, terkesan dan percaya bahwa Anda adalah kandidat yang tepat untuk lowongan yang akan mereka tawarkan. Yang penting selalu fokus dan konsisten dengan apa yang Anda lakukan sejak menulis surat lamaran kerja hingga menyusun resume. 

Tunjukan Sikap profesional dan Bersikap Ramah Serta Perhatikan Penampilan Anda – Perhatikan bahasa dan intonasi saat berbicara saat Anda menjawab beberapa pertanyaan pewawancara. Dan jangan sampai terdengar monoton atau terlalu keras karena akan terdengar aneh.

Dan untuk pakaian, alangkah baiknya jika Anda memakai pakaian formal sesuai dengan posisi yang akan Anda tempati di rumah sakit. Karena sikap yang baik, dan penampilan yang rapi merupakan salah satu poin keberhasilan Anda saat berhadapan dengan pewawancara.

Datanglah Tepat waktu – Tiba pada waktu yang ditentukan adalah bagian penting dari menghadiri wawancara. Datang tepat waktu pada saat wawancara tidak hanya menjadi syarat kedisiplinan atau menunjukkan kedisiplinan kandidat tetapi juga akan memberikan rasa hormat dan penghargaan kepada mereka yang telah menelepon.

Saat ini Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti Kominfo) yang berlokasi di Jakarta sedang membuka lowongan kerja bagi lulusan D3 hingga S2 untuk mengisi beragam posisi yang sedang kosong dengan persyaratan sebagai berikut:

Kebutuhan SDM BAKTI Kementerian Kominfo dengan rincian sebagai berikut:

  1. SDM Bidang Investasi
  2. SDM Bidang Keuangan dan Akuntansi
  3. SDM Bidang Pajak
  4. SDM Bidang Manajemen Risiko
  5. Manajemen SDM
  6. SDM Bidang Jaringan
  7. SDM Bidang IT Security
  8. Writer
  9. SDM Bidang NOC
  10. SDM Bidang Elektro
  11. SDM Bidang Telekomunikasi
  12. SDM Bidang Administrasi Bisnis
  13. SDM Bidang Komunikasi Massa
  14. Auditor
  15. SDM Bidang Statistik
  16. SDM Bidang Psikologi
  17. SDM Bidang Programing
  18. Resepsionis

Kualifikasi

  1. Warga Negara Republik Indonesia
  2. Berusia maksimal 50 tahun
  3. Pendidikan minimal D3, (S1 dan S2 Dalam dan Luar Negeri juga diundang untuk ikut mendaftar – profesional)
  4. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) : 2.70
  5. TOEFL (diutamakan minimal 550)
  6. Pengalaman kerja (dibuktikan dengan surat referensi kerja)
  7. Menguasai microsoft office dengan sangat baik
  8. Berdomisili di wilayah Jabodetabek
  9. Bersedia ditempatkan di mana saja di wilayah kerja BAKTI
  10. Tidak memiliki hubungan keluarga sampai garis ketiga dengan Pegawai BAKTI
  11. Sehat jasmani dan rohani
  12. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan keputusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap, karena suatu tindakan pidana kejahatan
  13. Tidak pernah terlibat dalam suatu kegiatan/gerakan yang menentang Pancasila, UUD 1945, Negara dan Pemerintah Republik Indonesia
  14. Bersedia bekerja dengan dengan kontrak kerja selama 2 tahun dapat diperpanjang dan dipertimbangkan sebagai pegawai
  15. TPA (diutamakan dengan skor 550)
  16. Bila diterima menjadi SDM BAKTI wajib mengikuti Pendidikan Bela Negara
  17. Rekruitmen SDM ini bukan untuk penerimaan Pegawai Negeri Sipil

CARA MELAMAR

Bagi anda yang berminat dan memenuhi kualifikasi diatas, silahkan kirim lamaran Lowongan Kerja Bakti Kominfo Mei 2023 melalui email berikut:

DAFTAR LOWONGAN KERJA BAKTI KOMINFO DESEMBER 2023

Lowongan kerja ini tidak dipungut biaya. Lamaran yang tidak memenuhi kualifikasi diatas tidak akan diproses. Hanya kandidat terbaik yang akan dipanggil untuk mengikuti seleksi tahap selanjutnya. Lamaran Lowongan Kerja Bakti Kominfo Mei 2023 diterima pada tanggal: 28 Mei 2023.