Lowongan Kerja Bea Cukai Juanda Desember 2022

Lowongan Kerja Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Juanda Desember 2022

Lowongan Kerja Bea Cukai Juanda Desember 2022

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (disingkat DJBC atau bea cukai) merupakan nama dari sebuah instansi pemerintah yang melayani masyarakat di bidang kepabeanan dan cukai. Pada masa penjajahan Belanda, bea dan cukai sering disebut dengan istilah douane. Seiring dengan era globalisasi, bea dan cukai sering menggunakan istilah customs.

Sistem bea dan cukai telah dipraktikkan dari masa dahulu oleh kerajaan-kerajaan di kepulauan Indonesia. Pada masa kesultanan-kesultanan Islam, dikenal jabatan syahbandar dan bendahara yang bertugas memungut bea atas barang-barang yang diperdagangkan di pelabuhan. Di Mataram, dikenal gerbang-gerbang cukai di pedalaman yang untuk dapat melintasinya, dan dipungut iuran tertentu.

Kepabeanan pada masa VOC dimulai saat Gubernur Jenderal Jan Pieterszoon Coen mengundangkan tarif bea masuk yang pertama di Batavia pada tanggal 1 Desember 1620. Pada masa pemerintah Hindia Belanda, didirikan De Dienst der Invoer en Uitvoer Rechten en Accijnzen (I.U&A),  yaitu sebuah jawatan di bawah Departemen Keuangan.

Pada masa ini, tidak hanya kepabeanan saja yang diurus oleh Dinas I.U&A, melainkan juga dengan cukai. Petugas bea-cukai pada masa ini dikenal sebagai douane, mantriboom, atau tolenaar.

Banyaknya profesi baru yang bermunculan juga, akhirnya membuat para pelamar kerja memiliki minat yang berbeda-beda, dan tentu itu juga dipengaruhi oleh bakat dan kemampuan dari pelamar kerja tersebut. 

Untuk kalian para pekerja, mungkin kalian masih bertanya-tanya. Kira-kira apa minat dan bidang kalian dalam bekerja, jika kalian masih bingung. Itu wajar sekali, karena hal-hal yang baru itu memang kadang membuat bingung.

Agar kamu tidak bertambah bingung, mungkin kamu harus tau beberapa bidang pekerjaan yang paling banyak digemari para pencari kerja di era saat ini, antara lain Bidang Keuangan, Perbankan, Administrasi, Aparatur Negara (PNS), Marketing, Tenaga Pengajar, Teknik, Entertainer, Jurnalis, Bidang IT, Industri Kreatif.

Saat ini Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) sedang membuka lowongan kerja bagi lulusan SMA/SMK uhingga D3 ntuk mengisi beragam posisi yang sedang kosong dengan persyaratan sebagai berikut:

Tenaga Kearsipan

Kualifikasi

  1. Laki-laki/Perempuan
  2. Berusia minimal 19 – 35 tahun (per 3 Desember 2022)
  3. Pendidikan minimal SMK Jurusan Perkantoran hingga D3 Jurusan Kearsipan/Kesekretarisan
  4. Nilai ratarata Ijazah SMK minimal 75
  5. IPK minimal 2,75 (untuk pendidikan D3)
  6. Mampu mengoperasikan Ms Office
  7. Sehat jasmani dan rohani

Tenaga Kebersihan

Kualifikasi

  1. Laki-laki/Perempuan
  2. Berusia minimal 19 – 35 tahun (per 3 Desember 2022)
  3. Pendidikan minimal SMA/SMK Semua Jurusan
  4. Nilai rata-rata Ijazah SMA/SMK minimal 7,0
  5. Mampu membersihkan lingkungan kantor
  6. Diutamakan memiliki pengalaman kerja di bidang kebersihan kantor
  7. Sehat jasmani dan rohani

File Lamaran

  • Surat lamaran kerja ditujukan kepada Panitia Seleksi Penerimaan PPNPN KPPBC TMP Juanda
  • Pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6
  • Scan/foto ijazah pendidikan terakhir
  • Scan/foto Ijasah dan Transkrip Nilai (Diploma)
  • Scan/foto Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Scan/foto surat keterangan domisili dari kelurahan (area Sidoarjo dan Surabaya)
  • Scan/foto Kartu Keluarga (KK)
  • Scan/foto Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) (jika ada)
  • Scan/foto BPJS aktif (jika ada)
  • Scan/foto Daftar Riwayat Hidup (DRH)
  • Scan/foto Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku
  • Scan/foto SIM A/SIM C/sertifikat keahlian lain (jika ada)

CARA MELAMAR

Bagi anda yang berminat dan memenuhi kualifikasi diatas, silahkan kirim lamaran Lowongan Kerja Bea Cukai Juanda Desember 2022 melalui link berikut:

DAFTAR LOWONGAN KERJA BEA CUKAI JUANDA DESEMBER 2022

Lowongan kerja ini tidak dipungut biaya. Lamaran yang tidak memenuhi kualifikasi diatas tidak akan diproses. Hanya kandidat terbaik yang akan dipanggil untuk mengikuti seleksi tahap selanjutnya.

Leave a Comment